Senin, Juli 06, 2009

Pedrosa Juara Kali Pertama

Pembalap Honda, Dani Pedrosa tampil konsisten kali ini. Start dari posisi empat tak menghalangi menjadi juara di Laguna Seca GP Amerika Serikat. Seperti biasa Honda RCV 212 melaju pertama setelah start dan mampu bertahan dari percobaan overtaking Casey Stoner diawal lomba, dan Valentino Rossi di lap terakhir. Setelah 32 lap lomba, Pedrosa finish pertama dengan waktu 44 menit 1.580 detik atau berlomba dengan kecepatan rata-rata 157.4 km/jam. Pedrosa juga mencatat fastest lap dengan satu menit 21.973 detik.
Posisi kedua menjadi milik Rossi. Juara bertahan ini sempat dilewati Pedrosa dan Stoner setelah start, namun bisa melewati Stoner di lap ke-11. Keduanya beriringan sampai sembilan lap berikutnya, sebelum Stoner dilewati Jorge Lorenzo. Stoner harus puas finish keempat.
Podium ketiga ditempati Lorenzo. Rekan setim Rossi ini sempat tercecer setelah start tapi bisa kembali ke barisan depan setahap demi setahap. Setelah melewati Stoner, Lorenzo sempat melewati Rossi di lap ke-27 namun kemudian melebar dan dilewati Rossi kembali. Lorenzo pun finish dibelakang Rossi.
Sedangkan duo pembalap publik AS, gagal memberi kado ulang tahun negaranya, Kentucky Kid, Nicky Hayden dan Texas Tornado, Colin Edwards, masing-masing finish di posisi lima dan ketujuh.
Tercatat empat pembalap terjatuh, Gabor Talmacsi, Andrea Dovizioso, Sete Gibernau dan James Toseland. Toseland juga terkena black flag akibat jump start dan tidak segera memenuhi pinalti. Sedangkan Loris Capirossi berhenti dari lomba karena masalah pada Suzukinya.
Sampai balapan kali ini, Rossi masih memimpin klasemen pembalap dengan 151 poin, Lorenzo 142 poin dan Stoner 135 poin.

Tidak ada komentar: