Senin, Juli 13, 2009

Red Bull Finish 1-2

Mark Webber secara luar biasa menjuarai seri kesembilan GP Formula 1 di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Start dari pole position Webber finish pertama dengan waktu satu jam 36 menit 43.310 detik untuk menempuh 60 lap yang harus dijalani dengan rata-rata kecepatan 191.598 km/jam. Ini kemenangan pertama Webber di Formula 1 sekaligus menyusul catatan Alan Jones sebagai pembalap Australia yang pernah menang di F1.
Kemenangan luar biasa bagi Webber dan Red bull Racing. Webber yang sempat terkena drive trough penalty akibat menyenggol mobil Ruben Barrichelo sesaat setelah start tetap mampu mendominasi lomba setelah masuk pit menjalani pinalti. Kemenangan Red bull dilengkapi Sebastian Vettel yang finish kedua. Vettel tertingga 9.252 detik dari Webber. Ini merupakan kemenangan 1-2 ketiga Red Bull musim ini.
Sedangkan podium ketiga ditempati pembalap Ferrari Felipe Massa yang juga tampil luar biasa semenjak start. Massa finish dibelakang Vettel tertinggal 15.906 detik dari Webber. Sementara duo BrawnGP harus puas finish di posisi lima dan enam. Jenson Button finish kelima dan Barrichelo keenam. Keduanya mendapat kesulitan dengan ban mereka kurang kompromi di cuaca yang tidak panas.
Dari hasil balapan di Nurburgring ini, terjadi pergeseran di klasemen pembalap di posisi dua dan tiga. Button tetap memimpin dengan 68 poin sedang Vettel menyodok ke posisi dua dengan 47 poin dan Webber dengan 45.5 poin. Barrichelo turun ke posisi empat dengan 44 poin. Di klasemen konstruktor, BrawnGP tetap memimpin dengan 112 poin, Red Bull 92.5 poin dan Toyota mengumpulkan 34.5 poin.

Tidak ada komentar: