Senin, Agustus 24, 2009

Barrichelo Menangi GP Eropa

Rubens Barrichelo mempersembahkan gelar perdana bagi BrawnGP di Sirkuit Valencia, Spanyol. Ini adalah kemenangan kesepuluhnya sepanjang berkarir di ajang balap Formula Satu. Start dari posisi tiga, Barrichelo harus bersabar meladeni Lewis Hamilton yang tampil konsisten memimpin balapan sejak start. Barrichelo baru bisa mengambil alih pimpinan setelah pitstop kedua atau balapan tinggal menyisakan 17 lap lagi. Setelah itu tak terkejar hingga finish 57 lap. Catatan waktu Barrichelo satu jam 35 menit 51.289 detik, lebih cepat 2.3 detik atas Hamilton yang finish kedua.
Finish ketiga adalah Kimi Raikkonen. Kimi tertinggal 15.9 detik dari Barrichelo. Sedangkan rekan Hamilton, Heikki Kovalainen harus puas finish keempat setelah tak mampu mempertahankan posisinya yang start dari posisi kedua. Sementara jagoan tuan rumah Fernando Alonso finish keenam dan Jenson Button finish ketujuh.
Sampai GP Eropa ini, Button tetap memimpin klasemen sementara pembalap dengan mengumpulkan 72 poin, Barrichelo 54 poin, dan Mark Webber 51,5 poin. Di klasemen konstruktor, BrawnGP tetap dipuncak dengan poin 126, disusul RBR Renault 98.5 poin dan Ferrari 46 poin.
Balapan selanjutnya akan digelar di Sirkuit Spa Franchorcamp, dalam GP Belgia, sepekan mendatang, tanggal 30 Agustus 2009.

Tidak ada komentar: