Senin, Agustus 17, 2009

Lorenzo Jatuh, Rossi Juara

Valentino Rossi memenangi GP Cheko di salah satu sirkuit favoritnya, Brno. Rossi yang start dari pole bahkan melenggang sendirian di lima lap terakhir setelah saingan beratnya yang juga rekan setimnya, Jorge Lorenzo terjatuh. Ditonton lebih dari 140 ribu publik yang memadati sirkuit, Rossi finish terdepan dengan waktu 43 menit 08.996 detik mengitari Brno 22 lap tanpa cacat.
Finish kedua, Dani Pedrosa, yang tertinggal jauh 11.766 detik dari Rossi. Sempat mengambil alih posisi terdepan setelah start, namun bisa disalip lagi oleh Rossi sebelum memasuki lap kedua. Bahkan Pedrosa tak mampu menahan kompatriotnya yang mengendarai Yamaha, Lorenzo. Pedrosa pun tertinggal dari duo Yamaha yang balapan sendiri di depan. Namun keberuntungan masih mendekat ke Pedrosa, Lorenzo jatuh di lap 17 saat memimpin lomba alhasil podium kedua menjadi haknya.
Di tempat ketiga adalah pembalap satelit Honda Gresini yang mungkin tidak membalap lagi di motoGP musim depan, Toni Elias. Kompatriot Pedrosa ini berhasil mengatasi pembalap utama Honda lainnya, Andrea Dovizioso. Elias tertinggal lebih dari 20 detik dari Rossi. Hasil yang baik buat Elias, namun sebaliknya bagi Dovizioso yang sebelumnya menjuarai GP Inggris.
Hasil dari Cheko ini tidak mempengaruhi posisi diklasemen. Kemenangan yang ke 102 Rossi semakin menjauhkan diri dari kejaran rival-rivalnya. Rossi mengumpulkan 212 poin, Lorenzo 162 dan Casey Stoner dengan 150 poin, sedangkan Pedrosa masih ditempat keempat mengumpulkan 135 poin.

Tidak ada komentar: