Minggu, Agustus 30, 2009

Pole Kejutan Fisichella

Pembalap Force India, Giancarlo Fisichela tak disangka-sangka akan menjalani GP Belgia nanti malam dari pole position. Pole pertamanya buat Force India atau keempat selama karirnya di F1. Di final kualifikasi Fisichela mencatatkan waktu tercepat satu menit 46.308 detik. Fisichela unggul tipis atas 0.087 detik dari kompatriotnya, Jarno Trulli dari tim Toyota. Kalau Force India di latihan bebas memang cepat lewat Adrian Sutil, sedangkan Trulli sempat mencatatkan fastest lap di Q2, satu menit 44.503 detik.
Di posisi start ketiga ditempati Nick Heidfeld dari tim BMW Sauber. Sebelumnya Heidfeld juga tampil bagus di sesi latihan bebas. Catatan kualifikasi satu menit 46.500 detik. Heidfeld start berdampingan dengan Ruben Barrichelo yang minggu lalu menjuarai GP Eropa di Valencia. Barrichelo hanya beda 0.013 detik dari Heidfeld. Melengkapi lima besar adalah pembalap BMW Sauber asal Polandia, Robert Kubica.
Lalu kemana para pembalap yang biasa mengisi grid terdepan? Lewis Hamilton dan rekan setimnya Heikki Kovalainen, Fernando Alonso juga pimpinan klasemen sementara, Jenson Button sudah tereliminasi di Q2. Di sepuluh besar masih ada Kimi Raikkonen yang menempati start keenam dan duo Red bull Racing, Sebastian Vettel dan Mark Webber di posisi delapan dan sembilan.
Melihat hasil kualifikasi dan karakter Sirkuit Spa, balapan besok akan berlangsung seru. Apalagi kalau sampai balapan berlangsung dalam cuaca hujan. Catatan waktu pembalap yang hanya beda tipis, juga pembalap tim-tim besar yang berada di belakang akan membuat balapan akan sengit sejak awal. Kimi, Vettel, Webber sangat mungkin akan meraih hasil baik disini.

Tidak ada komentar: