Minggu, Agustus 23, 2009

Pole Pertama Hamilton

Juara dunia musim lalu, Lewis Hamilton akan start terdepan dalam balap mobil Formula Satu GP Europe di Sirkuit jalanan Valencia. Ini pole position bagi Hamilton yang sebelumnya menjuarai GP Hungaria. Hamilton mencatatkan waktu satu menit 39.498 detik untuk posisi itu. Hamilton akan start didampingi rekan setimnya, Heikki Kovalainen yang hanya tertinggal 0.034 detik dari waktunya. Front row pertama sekaligus menunjukkan kebangkitan McLaren Mercedes.
Di posisi start ketiga adalah Rubens Barrichelo dari tim BrawnGP. Meski sempat mencatatkan fastest lap di Q2, Barrichelo hanya mencatat waktu satu menit 39.563 detik atau tertinggal 0.065 detik dari Hamilton di Q3. Barrichelo start berdampingan dengan andalan Red Bull Renault, Sebastian Vettel, yang catatan waktunya satu menit 39.789 detik. Sedangkan favorit juara dunia musim ini, Jenson Button hanya akan start dari grid ketiga bersebelahan dengan juara dunia 2007, Kimi Raikkonen.
Sementara pembalap idola tuan rumah, Fernando Alonso akan start dari posisi kesembilan. Sempat menjadi yang tercepat di latihan bebas, namun di kualifikasi kemarin catatan waktunya tertinggal 0.738 detik dari Hamilton.
Balapan akan berlangsung seru dan panas melihat beda waktu dalam kualifikasi. Pembalap pertama sampai kesembilan berjeda tak sampai satu detik. Itu belum termasuk tim Toyota yang sering menggunakan strategi berbeda dalam balapan. Patut ditunggu balapan sore nanti, 57 lap mengitari sirkuit Valencia, siapa yang akan menjadi raja jalanan ?

Tidak ada komentar: