Senin, Agustus 31, 2009

Ferrari Menang Perdana

Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga bagi Ferrari. Setelah mencatat hasil bagus setelah libur paruh musim dengan dua kali naik podium, Ferrari melalui Kimi Raikkonen, menjuarai gelaran GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamp kemarin. Start dari posisi enam Raikkonen langsung menyodok ke posisi tiga berkat KERS yang ada dimobilnya. Sempat melebat ditikungan pertama masuk lintasan diposisi tiga dan mampu mengambil alih posisi kedua milik Robert Kubica dari tim BMW-Sauber di lap pertama. Namun Safety Car sempat keluar beberapa lap akibat kecelakaan yang melibatkan beberapa pembalap. Jenson Button, Lewir Hamilton, Jaime Alguersuari, dan Romain Grosjean tak bisa melanjutkan lomba setelah kejadian tersebut.
Di lap keempat SC keluar lintasan dan Kimi langsung bisa mengambil alih lomba dari pole sitter Giancarlo Fisichela. Posisi tak berubah sampai pit stop pertama di lap 19, keduanya masuk pit bersamaan dan keluar dengan posisi sama, diikuti Fernando Alonso dan Kubica. Tapi Alonso tak bisa melanjutkan lomba setelah pit stop di lap 27 menyusul Jarno Trulli yang juga mesti berhenti di lap sebelumnya. Sampai pit stop kedua, posisi tak berubah Kimi memimpin diikuti Fisico, ditempat ketiga Sebastian Vettel menyodok posisi Kubica setelah pit stop. Bahkan Vettel tampil semakin kencang dengan mencatatkan fastest lap.
Setelah 44 lap yang harus dijalani atau menempuh 308 km lebih, Kimi memenangi GP pertamanya musim ini dengan waktu satu jam 23 menit 50.995 detik dengan rata-rata kecepatan melaju dilintasan 220.43 km/jam. Ini kemenangan keempat Kimi di sirkuit ini. Finish kedua, Fisico 0.939 detik berikutnya. Kebanggaan tersendiri bagi Force India yang memang benar-benar cepat kali ini. Sementara Vettel finish ditempat ketiga, lebih lambat 3.875 detik dan Kubica ditempat keempat. Yang menarik di delapan pembalap yang meraih poin saat Ruben Barrichelo mati-matian mempertahankan posisi ketujuh walau mobilnya sudah mulai berasap sejak dua lap menjelang finis. Barrichelo sempat mati mesin saat start tapi beruntung SC masuk lintasan sehingga tak terlalu ketinggalan, hingga akhirnya mampu dapat dua poin walau mobilnya benar-benar terbakar sesaat setelah finish. Lumayan dua poin mendekati rekan setimnya, Button yang memimpin klasemen.
Sampai balapan di Spa ini, Button masih memimpin dengan perolehan 72 poin, kemudian Barrichelo 56 poin dan Vettel 53 poin. Sedangkan di klasemen konstruktor, BrawnGP juga masih jauh memimpin dengan 128 poin disusul RBR Renault 104.5 poin dan Ferrari 56 poin. Balapan selanjutnya akan diadakan di Sirkuit Monza, Italia dua minggu mendatang.

Tidak ada komentar: