Senin, Juni 08, 2009

Button Lagi Yang Menang

Jenson Button memenangi Grand Prix keenamnya dari tujuh kali start musim ini. Meski start dari posisi dua, Button tak harus menunggu lama untuk segera mendominasi Sirkuit Istanbul Park, Turki. Tak tersentuh lawan selama 58 lap, Button semakin dekat ke gelar juara dunia. Kini Button unggul hampir dua kali perolehan poin peringkat kedua klasemen.
Berada dibelakang Sebastian Vettel waktu start, Button langsung menguntit pimpinan start dari awal. Namun kesalahan Vettel menikung membuatnya melintir keluar lintasan sebelum genap lap pertama. Button pun langsung mengambil alih pimpinan lomba. Dua pit stop yang dijalaninya pun tak menemui kendala, hanya setelah pit stop pertama sempat beradu cepat dengan Vettel yang berstrategi tiga pit stop. Praktis setelah itu tak ada aral melintang buat Button untuk menang. Button finish dengan waktu satu jam 26 menit 24.848 detik dengan melaju ratat-rata 214.823 km/jam.
Di tempat kedua Mark Webber yang terlambat 6.714 detik. Webber finish kedua dengan strategi pit stop dua kali, mengalahkan Vettel yang harus puas di posisi tiga tertinggal 7.451 detik. Rekan setim Button, Ruben Barrichelo harus berhenti dari balapan di 10 lap terakhir setelah hampir sepanjang lomba membuat banyak kesalahan yang membuatnya tercecer dibelakang, sementara juara tahun lalu, Felipe Massa finish keenam tertinggal 39.996 detik. Sedangkan tiga juara dunia dibelakangnya tak ada yang meraih poin. Kimi Raikkonen di posisi sembilan, Fernando Alonso di posisi 10 dan Lewis Hamilton di posisi 11.
Dengan kemenangan ini Button semakin menjauhkan perolehan poinnya. Button sekarang mengantongi 61 poin, disusul rekan setimnya Barrichelo 35 poin dan Vettel dengan 29 poin. Di klasemen konstruktor BrawnGP memimpin 96 poin, RBR Renault 56.5 poin dan Toyota 32.5 poin.

Tidak ada komentar: