Minggu, Juni 07, 2009

Inggris Menang, Jepang Lolos Pertama

Langkah Inggris di Grup Enam Zona Eropa semakin dekat ke Afrika Selatan. Malam tadi anak asuh Fabio Capello mencukur tuan rumah Kazakhstan empat gol tanpa balas. Meski bermain agak lamban di awal pertandingan, Inggris unggul 2-0 di babak pertama. Gareth Barry membuka skor di menit 40 setelah menerima umpan Steven Gerrard. Lima menit berselang Emiley Heskey memperbesar keunggulan lagi-lagi memanfaatkan usaha Gerrard. Di babak kedua Inggris semakin diatas angin, Wayne Rooney menambah keunggulan di menit 73. Memanfaatkan umpan Glenn Johnson diselesaikan dengan tendangan gunting Rooney. Kemenangan Inggris dilengkapi pinalti Frank Lampard setelah Heskey dilanggar Renat Abdulin di kotak terlarang. Kemenangan ini membuat satu kaki Inggris berada di Afrika Selatan. Inggris akan memastikan lolos ke putaran final jika menang melawan tim lemah Andorra di Stadion Wembley, Rabu mendatang.
Sementara Jepang menjadi tim pertama yang lolos ke putaran final. Bertandang ke Uzbekistan, Jepang menang tipis 1-0 lewat gol Shinji Okazaki. Langkah Jepang diikuti wakil Asia lainnya Korea Selatan dan Australia. Korea menang 2-0 atas Uni Emirate Arab lewat gol Chu Young Park di menit delapan dan Sung Yueng Ki di menit 37. Sedangkan Australia cukup bermain imbang saat bertandang ke Qatar untuk lolos.
Dari Zona UEFA, baru Belanda yang melaju ke putaran final. Belanda menang tipis 2-1 saat dijamu Islandia. Gol Nigel De Jong di menit sembilan dan Mark Van Bommel di menit 16 hanya mampu dibalas satu gol Islandia oleh Kristjan Orn Sigurdsson di menit 88. Sampai malam ini, baru empat negara yang lolos dari 32 tempat yang tersedia.

Tidak ada komentar: