Senin, Juni 01, 2009

Stoner Menangi GP Italia

Casey Stoner finish tercepat dalam balapn MotoGP seri Italia di Sirkuit Mugello. Dihadapan 81 ribu lebih penonton yang mendukung jagoan Italia, Stoner mengakhiri balapan 23 lap dengan waktu 45 menit 41.894 detik atau melajukan Ducati GP9 dengan kecepatan rata-rata 158,4 km/jam. Stoner mengungguli duo Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.
Jalannya lomba mirip GP Perancis lalu. Lintasan yang basah kemudian berangsur-angsur mengering, sehingga membuat pembalap harus berganti motor dari berban basah ke kering. Dari awal balapan sudah terlihat drama akan terjadi di Mugello. Pole sitter Lorenzo start buruk dan tercecer di tengah sehingga posisinya langsung diambil Chris Vermeulen dan Dani Pedrosa, diikuti Stoner. Tak sampai satu lap, Stoner memimpin bersama Vermeulen yang kemudian disusul pembalap Italia, Andrea Dovizioso. Tiga lap berikutnya Dovizioso memimpin lomba sementara Rossi merangseng ketiga bersama kompatriotnya Marco Melandri. Di lap ketujuh, Rossi mengambil alih pimpinan dari Dovi yang diikuti Melandri, tiga pembalap Italia di depan. Lap sembilan Melandri menyalip Rossi untuk memimpin balapan, sementara Dovi mengganti motor berban kering.
Drama berlanjut, setelah ganti motor, Melandri tak mampu mempertahankan posisinya. Di lap 10, Dovi memimpin diikuti Stoner dan Loris Capirossi. Akibat ganti ban kering, beberapa pembalap mulai berjatuhan, Alex de Angelis, Yuki Takahashi dan termasuk Pedrosa yang terkapar di lap 12. Pedrosa jatuh Dovi disalip Capirossi. Capirex sempat memimpin di lap 13 sampai lap 15. Namun kurang tujuh lap, Stoner kembali menyalip Capirex, Dovi ditempat ketiga, sementara duo Yamaha mendekat. Di lap 18 Lorenzo mampu menyalip Dovi, yang diikuti Rossi dua lap kemudian. Dua lap terakhir, Lorenzo menyalip Capirex. Dan akhirnya di lap terakhir Capirex dilewati Rossi dan Dovizioso. Lima pembalap terdepan finish berurutan, Stoner, Lorenzo, Rossi, Dovi dan Capirossi.
Dengan kemenangan keduanya kali ini, Stoner menghentikan rekor kemenangan tujuh kali beruntun Rossi di kandang sendiri, membawa Ducati menang pertama kali di kandang, dan tambahan poin juara membuatnya memimpin klasemen sementara pembalap. Stoner sampai saat ini mengumpulkan nilai 90 unggul atas Lorenzo yang mengumpulkan 86 poin dan Rossi dengan 81 poin.
Balapan selanjutnya akan digelar di Sirkuit Barcelona, dan Stoner dengan Ducati GP9 dijagokan memenanginya.

Tidak ada komentar: