Senin, Juni 29, 2009

Brazil Pertahankan Piala Konfederasi

Brazil akhirnya tampil sebagai juara diajang Piala Konfederasi setelah mengalahkan Amerika Serikat 3-2. Kemenangan ini merupakan yang ketiga dalam sejarah Piala Konfederasi. Selain juara Brazil melalui para pemainnya mendapatkan gelar individu. Luis Fabiano meraih Golden Shoe sebagai top skorer dan Ricardo Kaka mendapatkan Golden Ball sebagai pemain terbaik turnamen. Satu terbaik lainnya diterima Tim Howard yang meraih Golden Glove atau penjaga gawang terbaik.
Sebenarnya dalam pertandingan yang berakhir beberapa jam lalu, Amerika Serikat tampil baik, terutama di babak pertama. Bertanding di Stadion Ellis Park, Johannesburg, AS unggul 2-0 di babak pertama. Umpan silang Jonathan Spector di menit sembilan dimaksimalkan Clint Dempsey menjadi gol. Di menit 26 AS semakin menjauh dengan gol yang dicetak kapten Landon Donovan. Lewat serangan balik cepat dari sisi kiri diakhiri umpan Charlie Davies ketengah yang diterima Donovan dan mengecoh penjaga gawang Brazil, Julio Cesar.
Di babak kedua Brazil berubah. Baru semenit kick off, Luis Fabiano mampu membobol gawang Tim Howard lewat tendangan first time memutar. Brazil menyamakan kedudukan di menit 73 lewat sundulan Fabiano setelah terjadi kemelut di depan gawang AS. Akhirnya kemenangan Brazil tercipta di menit 83, lewat sepakan pojok oleh Elano yang disundul bek Lucio yang tak mampu diselamatkan Howard. Skor 3-2 bertahan untuk kemenangan Brazil.
Di pertandingan sebelumnya, Spanyol menang atas tuan rumah Afrika Selatan 3-2 lewat perpanjangan waktu dan keluar sebagai juara ketiga.

Tidak ada komentar: