Minggu, September 28, 2008

Derby Della Madonnina Edisi Ke-266

Stadion Giuseppe Meazza nanti malam akan menyuguhkan salah satu derby terpanas Lega Calcio Serie A selain Derby Italia antara Juventus versus Inter Milan atau Derby Della Capitalle antar AS Roma melawan Lazio. Di pertemuan ke-266 kali ini AC Milan akan kebagian peran sebagai tuan rumah.
Statistik terakhir menunjukkan dari empat laga terakhir Milan hanya mampu menang sekali saat melawan Inter dan dari empat laga terakhir yang telah digelar di serie A, Inter seri sekali dan menang tiga kali sekaligus memuncaki klasemen sementara, sedang AC Milan harus terseok-seok diposisi sembilan dari hasil dua kali kalah dan dua kali menang. Hanya saja, secara grafik performa, kalau Inter posisinya saat ini sangat stabil, maka AC Milan justru bergerak bangkit dari keterpurukan. Namun secara keseluruhan rekor derby ini masih dipegang oleh AC Milan, dalam 265 pertemuan yang terjadi sebelumnya Milan memenangi 105 laga dan kalah 91 kali atau selisih 14 kemenangan, dengan jumlah gol memasukkan 430 dan kebobolan 396 gol.
Laga nanti malam juga merupakan pembuktian bagi pemain-pemain yang pernah dibuang dari klub sebelumnya, seperti Andriy Shevchenko yang mantan Chelsea yang dilatih pelatih Inter Jose Mourinho atau Clarence Seedorf, Christian Brocchi dan Andrea Pirlo yang mantan Inter, juga Hernan Crespo yang pernah memperkuat kedua tim dan sekarang berada di Inter kalau mereka diturunkan. Hanya saja diantara mereka sudah ada yang memastikan diri tidak bertanding karena cedera, yakni Andrea Pirlo.
Yang jelas, derby klub papan atas ini akan sangat panas, tetapi tetap berkualitas.

Tidak ada komentar: