Senin, September 22, 2008

Haga Sapu Bersih Poin Vallelunga

Pembalap Yamaha asal Jepang Noriyuki Haga tampil luar biasa di dua race ajang WSBK di Sirkuit Vallelunga. Dua kemenangannya sekaligus menggagalkan ambisi pembalap gaek Ducati merengkuh trofi juara dunia lebih cepat.
Start dari posisi tiga Haga dan rekan setimnya Troy Corser yang start dari posisi dua menyuguhkan balapan menarik. Di race pertama, Haga hanya memberi kesempatan superpole, Bayliss memimpin satu lap saja. Selanjutnya Haga dan jagoan tuan rumah, Max Biaggi yang mendominasi balapan dengan aksi-aksi mendebarkan saling salip. Namun akhirnya Haga yang finis tercepat, 0.125 detik saja didepan Biaggi. Disusul Corser dan pembalap Suzuki, Max Neukirchner. Sedangkan Bayliss harus puas finis keenam dibelakang Carlos Checa.
Di race kedua, Bayliss unjuk diri sebagai superpole. Di lap-lap awal langsung tancap gas tak bisa diambil alih pembalap belakangnya. Namun usaha keras Haga dan Corser tak henti terus menempel Bayliss. Aksi salip-menyalip seru tak terindarkan antara Bayliss dan Haga. Namun nasib tak berpihak pada Bayliss, di final lap, Bayliss malah tergelincir keluar lintasan. Alhasil Haga pun sukses menyapu bersih 50 poin race. Posisi dua diraih rekan setim Bayliss, Michel Fabrizio, yang berhasil memenangi duel atas posisi ketiga kembali direbut Corser.
Dari balapan kali ini, Bayliss harus menunda membawa pulang gelar juara dunia. Alih-alih mau mendekatkan langkah ke tangga juara, justru para pesaingnya yang berhasil meraup poin. Sehingga jarak Bayliss dengan tiga pembalap yang masih punya peluang juara semakin memendek. Dari 101 poin sebelum balapan menjadi 79 poin saja. Bayliss mengumpulkan 369 poin, Corser 290 poin, Haga 280 poin dan Neukirchner 280 poin.

Tidak ada komentar: