Minggu, Desember 14, 2008

Barcelona Sikat Madrid

Duel El Clasico akhirnya dimenangkan tuan rumah, The Catalan. Pertandingan yang super seru di Nou Camp berkesudahan untuk keunggulan El Barca atas El Real 2-0.
Meski Real Madrid dengan pelatih barunya, Juande Ramos mampu bertahan lebih dari 80 menit, tetapi mendekati akhir pertandingan malah kebobolan dua gol. Bahkan penjaga gawang Iker Casilas yang tampil gemilang mampu mempertahankan gawangnya dari pinalti Samuel Eto'o di menit 70. Namun setangguh-tangguhnya Madrid akhirnya bisa lengah juga.
Barcelona yang tampil full team tak mampu dibendung dengan mudah oleh Madrid yang tampil tanpa sejumlah pemain pilar. Bahkan Madrid justru ketinggalan saat ingin mengamankan hasil imbang, beberapa pemain bertipe menyerangnya digantikan pemain yang lebih bertahan. Madrid yang semula menerapkan formasi 4-4-2 dengan duet striker Raul Gonzalez dan Gonzalo Higuain, mampu bertahan dari kepungan pemain Barca di babak pertama. Demikian pula sampai 30 menit babak kedua. Casilas menjaga gawang Madrid dengan baik, mementahkan beberapa tendangan keras Eto'o termasuk pinaltinya.
Namun di menit 82 keberuntungan Madrid habis. Setelah mengganti Guti dan Higuain, dengan memasukkan Javi Moreno dan Rafael Van Der Vaart, merubah formasi 4-5-1 yang lebih bertahan, Madrid malah kebobolan. Dari tendangan penjuru yang diambil Xavi Hernandez, bola disundul Carlos Puyol kearah gawang dan sepakan pelan Eto'o menaklukan Casilas. Pertandingan menjadi lebih seru karena Madrid keluar menyerang berusaha menyamakan kedudukan. Alih-alih membuat gol, dari serangan balik yang cepat di masa injury time, Alexander Hleb yang masuk menggantikan Eto'o, mengumpan jauh ke Thierry Henry yang berdiri bebas di depan. Henry kemudian mengumpan ke Lionel Messi yang datang dari belakang, langsung berhadapan dengan Casilas, calon pemain terbaik dunia inipun mampu menembak ke gawang melewati Casilas, meski sempat diselamatkan Fabio Cannavaro, namun bola buangan Cannavaro tetap masuk ke gawang sendiri. Skor 2-0 untuk kemenangan Barcelona.
Kemenangan membuat Barca kokoh di puncak klasifika, sementara Madrid semakin terancam posisinya. Madrid bisa turun dua posisi, jika rival sekotanya, Atletico yang menjamu Real Betis memenangkan pertandingan, dan Deportivo La Coruna juga memenangi pertandingan saat bertandang ke Valladolid nanti malam.

Tidak ada komentar: