Minggu, Desember 14, 2008

Derby Calciopoli

Kita mengenal banyak derby panas di dunia sepakbola. Diantaranya Derby Mersyside, Liverpool kontra Everton, Derby della Capitale, AS Roma melawan Lazio, atau Derby della Madonina antara AC Milan dengan Inter.
Ada juga pertarungan klasik dua tim terbaik satu negara yang juga dianggap derby seperti duel penguasa La Liga antara Real Madrid melawan Barcelona, yang tersaji dini hari tadi. Demikian pula di Italia, dulu juga ada Derby d'Italia yang mempertemukan dua tim yang tak pernah degradasi yakni Juventus melawan Inter. Namun sepertinya derby ini telah hapus seiring degradasinya Juventus ke serie B dua musim lalu.
Namun sekarang mungkin akan ada derby baru, duel yang mempertemukan tim terbaik yang pernah degradasi akibat calciopoli. Derby Calciopoli, yang mempertemukan AC Milan dengan Juventus. Seperti Juventus yang terdegradasi sekali akibat calciopoli, Milan juga pernah terdegradasi akibat kasus yang sama.
Tak bisa dipungkiri dua tim ini, Milan dan Juventus adalah raksasa sepakbola. Di Italia, Juventus adalah raja pengoleksi gelar juara serie A sebanyak 27 trofi. Sedangkan Milan adalah jagoan antar klub dunia, juara enam kali Liga Champions, hanya kalah oleh Real Madrid. Juve dan Milan mestinya punya julukan duel yang lebih prestise sebagai tim besar yang punya banyak prestasi.
Duel Juventus dan Milan nanti malam memang memperubutkan posisi kedua klasemen. Siapa yang menang akan menguntit Inter di puncak klasemen. Milan lebih dijagokan memenangi laga ini dikarenakan memiliki pemain yang lebih baik dibanding Juve. Tampil tanpa Andrea Pirlo dan kemungkinan tanpa Gennaro Gatusso dan Ricardo Kaka, namun Milan masih punya banyak pemain mentereng yang siap mengganti pemain yang absen. Ronaldinho dan Mattew Flamini akan menggantikan. Sedangkan di kubu Juventus sepertinya tidak akan diperkuat Mauro Camoranesi yang akan digantikan Mohammed Sissoko. Tetapi bagaimanapun duel akan tetap seru dan panas. Sepanas saat mereka pernah merasakan sanksi calciopoli dan terdegradasi.

Tidak ada komentar: