Minggu, Maret 29, 2009

Button Pimpin Start Seri Perdana

Musim balap baru telah dimulai. Hari ini, siang nanti WIB, Sirkuit Albert Park, Melbourne akan menggelar seri perdana Formula 1 yang tahun ini banyak terdapat penyesuaian aturan baru seiring tekanan krisis keuangan global.
Dalam sesi kualifikasi kemarin, pembalap Inggris, Jenson Button yang musim ini berbendera Brawn GP tampil mengejutkan dengan catatan waktu tercepat satu menit 23.202 detik untuk raihan pole position. Lebih mengejutkan lagi rekan setimnya, Ruben Barrichelo, akan mendampinginya di baris terdepan hanya tertinggal 0.303 detik. Bahkan keduanya sangat mendominasi kualifikasi. Button tercepat di Q3, sedang Barrichelo tercepat di Q1 dan Q2. Pada kemana tim besar, Ferrari dan McLaren Mercedez?
Pembalap Ferrari, Felipe Massa hanya berada di start keenam dan Kimi Raikkonen ketujuh setelah dua pembalap Toyota mendapat pinalti karena melanggar aturan penggunaan sayap dan harus startdari posisi terakhir. Sedangkan juara bertahan, Lewis Hamilton, yang hanya mempu mencatatkan waktu terbaik ke 15 mendapat pinalti pergantian gearbox turun lima grid ke posisi 20, dan maju ke posisi 18 setelah pinalti Toyota.
Sementara Brawn GP di depan, di baris kedua ditempati, Sebasti Vettel dari tim Red Bull Renault dan pembalap BMW, Robert Kubica. Satu tempat didepan duo Ferrari ditempati pembalam William Renault, Nico Rosberg.

Tidak ada komentar: