Rabu, Maret 25, 2009

Pemain Muda, Masa Depan Sepakbola

Setiap generasi berganti akan melahirkan pemain berbakat baru, di sepakbola bintang - bintang muda sudah mulai bersinar bahkan sudah menjadi rebutan tim besar. Seperti Christiano Ronaldo yang meraih gelar ganda, pemain terbaik dunia dan eropa. Beberapa nama lain macam Sergio Aguerro, Mario Balotelli, Klas Jan Huntelaar, Alexandre Pato atau Cesc Fabregas. Namun dari banyak pemain muda yang berbakat dan bersinar, ada yang menjadi mendapat perhatian lebih karena kemiripan gaya bermain dengan pemain masa lalu yang juga berjaya di eranya.
Paling bersinar dan sudah menjadi bintang tentu saja adalah Lionel Messi. Pemain mungil bertinggi 169 cm ini disebut titisan mahabintang Argentina, Diego Maradona. Tak berlebihan memang, karena Messi selalu membuktikannya di lapangan, bersama Barcelona maupun timnas Argentina. Pemain kelahiran Rosario, 24 Juni 1987 ini menjadi inspirasi bagi rekan-rekan setimnya. Pindah dari Newel Old Boys ke Barcelona, dan menjalani debut di usia 16 tahun, sekarang sudah menjadi ikon klub Catalan tersebut.
Berikutnya adalah pemain muda Inter Milan, Davide Santon. Debutnya baru terbuka di tahun ini namun pujian telah melimpah kepadanya. Pelatih timnas Italia menyebutnya sebagai Young Paolo Maldini. Pemain kelahiran Portomaggiore, 2 Januari 1991 ini membuktikan bahwa Italia tak akan kehilangan nama sebagai penghasil talenta terbaik para difensore. Pemain bertinggi 188 cm ini memulai debutnya di tim senior tanggal 21 Januari 2009 saat Inter mengalahkan Roma di Coppa Italia, yang terus membuat pelatih Jose Mourinho terus memasangnya menggeser posisi Maxwell.
Ketiga adalah midfielder asal Perancis berusia 22 tahun. Dialah Abou Diaby, pemain bertinggi 188 cm ini merupakan salah satu anak emas Arsene Wenger di Arsenal. Sang Profesor menyebutnya sebagai New Patrick Vieira. Di transfer Arsenal dari Auxerre tahun 2005, pemain kelahiran Paris, 11 Mei 1986, pelan-pelan karirnya menanjak seiring kepergian para bintang Arsenal dari Emirates. Sekarang satu posisi gelandang tak akan lepas dari dirinya. Bahu-membahu dengan Cesc Fabregas dan Samir Nasri, dipastikan kedahsyatan permainan Arsenal akan semakin menggetarkan setiap lawan.

Tidak ada komentar: