Minggu, Maret 29, 2009

Debut Manis, Ulang Sejarah Mercedes

Debut Jenson Button dan Ruben Barrichello bersama Brawn GP berakhir manis. Memulai balapan seri perdana di Albert Park, Melbourne dari baris terdepan mereka secara dramatis mengakhirinya dengan finish terdepan sekaligus mengulang sejarah Mercedes 55 tahun silam.
Sejak GP Perancis tahun 1954 belum pernah ada tim balap formula 1 yang mampu finish satu-dua di debutnya. Kala itu Juan Manuel Fangio dan Karl Kling melakukannya dengan mobil Mercedes Benz. Siang tadi, perulangan sejarah tak lepas dari tangguhnya tim Brawn GP yang bermesin Mercedez dan drama yang terjadi di lintasan. Button memang perkasa sejak start tanpa mampu diimbangi pembalap lain. Namun Barrichelo memulai balapan dengan sedikit belepotan. Menyenggol Marx Weber dan menyodok Kimi Raikkonen, tapi nasib baik masih menaunginya. Tiga lap menjelang lomba usai, aksi overtaking Robert Kubica terhadap Sebastian Vettel berakhir benturan yang menyebabkan kendaraan mereka tak normal, parahnya Kubica harus mengakhiri balapan dengan menabrak pagar pembatas, sementara Vettel meski sempat memperbaiki mobil di pit tapi tetap kehilangan posisi semula. Padahal mereka berada di posisi dua dan tiga saat overtaking. Alhasil Barrichelo yang berada dibelakangnya mengambil alih posisi dua.
Sementara posisi ketiga ditempati pembalap Toyota, Jarno Trulli. Trulli yang start dari pit lane akibat pinalti, tampil konsisten selama 58 lap dan meraih podium ketiga. Juara bertahan Lewis Hamilton finish ditempat keempat. Sedangkan duo Ferrari harus mengakhiri balapan lebih cepat.
Dari seri perdana ini, Brawn GP Mercedes memimpin perolehan poin konstruktor dengan 18 poin, disusul Toyota 10 poin dan McLaren Mercedes 5 poin.

Tidak ada komentar: