Minggu, April 19, 2009

Vettel Juara GP China

Pembalap Red Bull Renault, Sebastian Vettel tampil konsisten dalam balapan Formula 1 di Shanghai, China dari start hingga finis 56 lap sebagai juara. Vettel yang start dari pole position, finis tercepat dengan waktu satu jam 57 menit 43.485 detik. Ditempat kedua dimenangi rekan setimnya Marx Webber yang tertinggal 10.970 detik dan Jenson Button ditempat ketiga tertinggal 44.975 detik.
Kemenangan ini merupakan yang kedua bagi Vettel sepanjang karirnya. Musim lalu Vettel menjuarai GP Italia bersama Toro Rosso Ferrari sekaligus memecahkan rekor pembalap termuda yang memenangi seri GP Formula 1. Musim ini Vettel mempersembahkan gelar perdana bagi Red Bull. Kemenangan berganda bagi Red Bull karena dua mobilnya finis satu-dua.
Kemenangan Vettel ini semakin menunjukkan kepiawaiannya berlomba di lintasan basah. Pantaslah Vettel menyandang gelar 'new rain master'.
Sampai tiga seri yang telah digelar Button masih menjadi pengumpul poin terbanyak dengan 21 poin, disusul rekan setimnya Ruben Barrichelo yang finis di posisi empat dengan poin 15. Vettel dan Timo Glock berada dibawahnya dengan poin 10. Di klasemen konstruktor, Brawn GP memimpin dengan poin 36, disusul Red Bull Renault 19.5 poin dan Toyota di posisi tiga dengan poin 18.5.
Sementara tim nasib belum berubah bagi Ferrari dengan duo pembalapnya. Felipe Massa gagal finis karena kerusakan mesin, sedangkan Kimi Raikkonen hanya finis di posisi 10 yang berarti belum mendapatkan poin. Agak lebih baik dicapai McLaren Mercedes, duo pembalapnya mampu finis dengan meraih poin. Heikki Kovalainen finis kelima dan Lewis Hamilton yang sempat melintir beberapa kali finis keenam. Di konstruktor, McLaren berada di posisi keempat dengan delapan poin.
Balapan berikutnya akan digelar di Bahrain sepekan mendatang.

Tidak ada komentar: