Rabu, Mei 27, 2009

Barcelona vs Manchester United

Barcelona akan berhadapan dengan Manchester United di Final Liga Champions nanti malam di Olimpico Roma. Keduanya, La Blaugrana maupun The Red Devils akan mencatatkan beberapa rekor dalam laga tersebut jika menang. Namun begitu, keduanya sama-sama tidak akan tampil full team, Barca kehilangan Eric Abidal dan Dani Alves sedang MU tanpa Darent Fletcher. Statistik keduanya di semua ajang kompetisi MU masih unggul atas Barca dari sembilan pertandingan. MU menang tiga kali, Barca menang dua kali dan bermain imbang empat kali.
Laga ini bagi Barca, merupakan final eropa yang ke 16, sembilan diantaranya pulang membawa gelar. Menjadi final keenam Liga Champions Barca, dua diantaranya sudah dimenanginya. Satu gol yang dicetak Barca malam nanti akan menggenapkan 850 gol tim ini di ajang eropa, jika bisa mencetak tiga gol akan menggenapkan pencapaian 200 gol di liga champions. Namun jika kalah, itu merupakan kekalahannya yang ke-100 di eropa.
Bagi MU, laga ini merupakan yang keenam di ajang eropa. Lima perebutan gelar sebelumnya dilalui dengan catatan 100% kemenangan, satu piala winner, dua liga champions dan dua piala super. MU menjadi tim pertama era liga champions yang mampu mempertahankan gelar jika menang di final kali ini. MU merupakan tim yang tak terkalahkan dalam 25 laga liga champions. MU juga satu-satunya tim yang memenangi dua liga champions tanpa kalah yakni di tahun 1999 dan 2008, akan menjadi tiga jika menang nanti malam. MU juga akan menjadi tim inggris pertama yang memenangi quadruple atau empat gelar dalam semusim jika menang.
Pertandingan nanti malam juga akan menjadi pembuktian bagi dua pemain terbaik di dunia, Christiano Ronaldo dan Lionel Messi. Messi sementara menjadi top skorer kompetisi ini dengan delapan gol. Tentu saja juga menjadi adu strategi Sir Alex Fergusson yang mengejar rekor Bob Paisley yang memenangi tiga piala champions atau rekor Giovanni Trappatoni yang menang lima gelar eropa. Sementara bagi Pep Guardiola akan menjadi pelatih muda ketiga yang mampu menang di eropa, termasuk pelatih yang menang di musim pertamanya jika membawa Barca menang.

Tidak ada komentar: