Sabtu, Mei 23, 2009

Pole Keempat Button

Jenson Button meraih pole position GP Formula 1 Monaco di Sirkuit jalanan Montecarlo. Meski mampu menjadi terdepan dalam start balapan besok, Button mendapatkannya tidak mudah. Pembalap BrawnGP ini memastikan pole sitter di detik terakhir Q3 dengan waktu satu menit 14 .907 detik melampaui torehan Kimi Raikkonen yang berbeda 0.025 detik saja. Sedangkan di posisi start ketiga ditempati Ruben Barrichelo yang membuat catatan waktu satu menit 15.077 detik dan keempat Sebastian Vettel melengkapi baris kedua.
Pada balapan kali ini sepertinya akan masih sama seperti lima balapan sebelumnya. BrawnGP masih tangguh dan belum ada yang mengimbangi. BrawnGP begitu dominan sementara penantangnya tiap seri berganti-ganti dari Toyota, Red Bull Renault, dan sekarang Ferrari. Kimi meski start dari posisi dua dia sempat mencatatkan fastest lap di Q2 dengan waktu satu menit 14.514 detik. Namun lintasan Montecarlo yang sempit tak memungkinkan aksi salip-menyalip disaat balapan. Pembalap menyalip pembalap lainnya yang masuk pit stop. Jadi kemungkinan besar pole sitter akan memenangi balapan, berarti Button lagi.
Hasil lumayan diperlihatkan Ferrari di Monaco, menempatkan Kimi di posisi dua dan Felipe Massa di posisi lima tidak diikuti tim besar lainnya, McLaren Mercedez. Satu pembalap di sepuluh besar yakni Heikki Kovalainen di posisi tujuh, sedangkan juara dunia Lewis Hamilton, hanya akan start dari posisi 16 setelah gagal lolos kualifikasi Q1 karena mobilnya menabrak dinding pembatas dan tak bisa melanjutkan kualifikasi.

Tidak ada komentar: