Senin, Mei 11, 2009

Button Juarai Catalunya

Masih seperti balapan sebelumnya dan sesuai hasil kualifikasi kemarin, BrawnGP mendominasi gelaran F1 GP Spanyol di Sirkuit Catalunya. Banyak pengamat memprediksi balapan akan datar-datar saja dan formalitas kualifikasi, dan hasilnya memang demikian.
BrawnGP finisi satu-dua untuk kedua kalinya musim ini. Jenson Button memenangi balapan disusul Rubens Barrichelo yang sukses dengan strategi pitstop-nya melewati Sebastian Vettel yang tertahan Felippe Massa. Vettel sendiri finish ditempat keempat. Sedangkan podium ketiga bercokol rekan Vettel, Mark Webber. Lomba seperti milik BrawnGP dan Red Bull.
Dari lima seri BrawnGP menang empat kali, dua diantaranya satu-dua, sementara Red Bull Renault mencuri satu kemenangan dengan finish satu-dua. Tim lain kemana? Ferrari dan McLaren sepertinya belum bisa unjuk gigi, mobil mereka tidak kompetitif. McLaren kurang kencang, sementara Ferrari masih sering terjadi kerusakan. Sebenarnya Toyota atau Renault mungkin bisa membuat ancaman, namun sewaktu lomba keduanya sepertinya tak berdaya, BrawnGP dan Red Bull Renault terlalu cepat buat mereka. Itu belum faktor keberuntungan yang sepertinya masih memayungi tim dominan asal Inggris ini karena sepertinya mereka tampil tanpa cacat.
Ditunggu saja di seri berikutnya di GP Monaco dua pekan mendatang. Akan ada perubahan apa tidak bagi tim-tim lainnya, atau memang BrawnGP akan melenggang mudah menuju gelar juara dunia.

Tidak ada komentar: