Minggu, Mei 03, 2009

Rossi Menang Perdana

Juara MotoGP lima kali, Valentino Rossi, meraih kemenangan pertamanya musim ini dengan memenangi GP Spanyol di Sirkuit Jerez. Rossi yang start dari posisi empat memastikan gelar setelah finis tercepat dengan waktu 45 menit 18.557 detik. Rossi harus bekerja keras mengejar Dani Pedrosa yang melaju sendirian memimpin lomba semenjak start dan baru bisa mengambil alih pimpinan di lap 17. Setelah itu, Rossi tak terkejar hingga genap 27 lap yang mesti dijalani.
Penampilan semakin membaik sebenarnya ditunjukkan Pedrosa yang start dari posisi dua. Melaju memimpin lomba lebih dari setengah lomba, performa Pedrosa dengan motor Hondanya semakin menurun dan terus didekati Rossi yang membuntutinya sejak lap ketujuh. Begitu disalip Rossi, Pedrosa sempat balik menyalip, namun begitu dilewati lagi, Pedrosa tak mampu memberi perlawanan berarti. Pedrosa finish kedua tertinggal 2.7 detik.
Di podium ketiga ditempati Casey Stoner. Stoner tampil kurang menggigit di lomba kali ini. Bertarung beberapa lap dengan Rossi, akhirnya Stoner bisa ditinggalkan Rossi sejak lap keenam. Bahkan Stoner sempat mendapat ancaman dari jagoan tuan rumah Jorge Lorenzo di lima lap terakhir, sayang pole sitter ini terjatuh di lap 23 dan tak mampu melanjutkan lomba.
Di kelas 250 cc, pembalap tuan rumah juga gagal menuai juara. Alvaro Bautista yang mengendarai Aprilia bertarung ketat sepanjang lomba dengan pembalap Gilera, Marco Simocelli dan pembalap Honda, Hiroshi Aoyama. Namun usaha Bautista di empat tikungan terakhir dengan melewati Aoyama bisa disalip lagi di tikungan terakhir. Aoyama juara, Bautista kedua dan Simocelli di posisi ketiga.
Supporter Jerez yang mencapai 123.340 lengkap melihat kenyataan pahit para pembalap Spanyol bertumbangan dan hanya meraih posisi runner up karena di kelas 125 cc, pembalap Inggris Bradley Smith juga mampu mempecundangi jagoan tuan rumah.

Tidak ada komentar: